TNC NEWS

Rapat Sosialisasi Pemberdayaan Ormas SE-Provinsi Banten Bersama Kesbangpol dan Kemendagri

   

TRANSFORMASINUSA ONLINE| - Banten – Pemerintah Provinsi Banten melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) gelar kegiatan “Pembinaan dan Pemberdayaan Ormas di Provinis Banten”. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Lantai 2 BAKESBANGPOL Provinsi Banten. Jl Syech Nawawi Al-Bantani, Kota Serang Provinis Banten. Rabu (20/05/2024).


Kegiatan tersebut di hadiri para ketua Organisasi Kemasyarakatan (KSB Ormas)  Sekretaris Ditjen Politik dan PUM Kemendagri,Yudi indrawan, sebagai narasumber utama dengan membawakan tema paparan “Upaya Kemendagri Dalam Pemberdayaan Ormas di Daerah”.


Selain itu kegiatan tersebut dihadiri oleh lembaga/Ormas se provinsi banten kabupaten Kota, Plt. Kabid. Ketahanan Sosial dan Ekonomi, Bakesbangpol Provinsi Banten, Analis Perencana, Bappeda Provinsi Banten, Analis Kebijakan Ahli Madya Kemendagri, Analis Kemitraan Kemendagri, Perkumpulan Ormas kabupaten kota se provinsi Banten. 


Dalam paparannya Yudi indrawan menjelaskan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktroat Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Politik dan PUM Kemendagri bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Banten menegaskan komitmen untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.



“Ormas memiliki peran yang sangat vital dalam menjaga kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melalui dana abadi Ormas, Indonesia akan semakin sejajar dengan negara maju, seperti negara-negara G20, dengan fokus pada pembangunan masyarakat domestik”. Terangnya


“Dana abadi Ormas menjadi instrumen penting dalam memperkuat peran Ormas dalam mengatasi berbagai tantangan sosial, terutama dalam menghadapi dampak konplik sosial dan mempersiapkan diri memasuki era globalisasi media sosial yang sangat besar sekali memicu terjadinya miskomunikasi”. tambah Yudi. 


Beliau menekankan Ormas tidak hanya membantu mengatasi masalah sosial, tetapi juga berperan dalam peningkatan indeks demokrasi dan perilaku antikorupsi. Dengan dukungan dana abadi, Ormas diharapkan dapat terus memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan dan demokratisasi.


Lebih jauh,Yudi indrawan menggaris bawahi bahwa dana abadi Ormas adalah bukti nyata dari pengakuan dan asfirasi i peran serta kontribusi Ormas oleh pemerintah.


“Dana tersebut akan memastikan keberlanjutan kerja dan kontribusi Ormas dalam penguatan demokrasi serta pencapaian tujuan pembangunan nasional”. tandas Yudi. 


“Dengan demikian, Ormas dianggap sebagai aktor penting dalam pembangunan dan demokrasi, yang perannya sama pentingnya dengan pemerintah dan sektor bisnis, sehingga harus didukung oleh semua pihak”. tutupnya.


Selain Yudi indrawan kegiatan ini diisi juga oleh narasumber dari kemendagri ,Kepala Bappeda Provinsi Banten yang diwakili oleh Kabid. Ketahanan sosial, dengan tema “Tata Cara Organisasi Kemasyarakatan Mengikuti Tahapan Swakelola Tipe 3”.


Materi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada Ormas tentang tahapan-tahapan yang perlu diikuti dalam pelaksanaan swakelola tipe 3.Tandasnya rahmat. 



RED ]

0 Komentar

Advertisement
Advertisement
Advertisement
© Copyright 2022 - TNC ONLINE