TNC NEWS

Demonstrasi Dukung Palestina di Barat dan Arab Terus Meluas

 


TRANSFORMASINUSA ONLINE | Beberapa negara di seluruh dunia menyaksikan demonstrasi dan protes yang mendukung kemerdekaan Palestina. Mereka juga menentang pembantaian yang dilakukan Israel selama tujuh bulan terkahir.

Di Yaman, ribuan mahasiswa dari perguruan tinggi turut serta dalam unjuk rasa dan mengadakan aksi solidaritas untuk Gaza. Mereka juga menyatakan dukungan terhadap gerakan mahasiswa yang menolak perang Israel di Gaza di perguruan tinggi di Barat.

Saluran Al-Masirah melaporkan, ribuan orang berpartisipasi dalam aksi mahasiswa terbesar di ibu kota Sanaa untuk menunjukkan solidaritas dengan Gaza.

Para peserta dalam aksi tersebut membawa spanduk yang menyatakan solidaritas dan dukungan mereka terhadap rakyat Palestina. Mereka juga berseru mengecam kejahatan pendudukan Israel terhadap warga Palestina di Gaza.

Para peserta dalam unjuk rasa menyampaikan apresiasi atas sikap luhur dari mahasiswa dan akademisi di perguruan tinggi Amerika dan Eropa yang menentang perang genosida yang dilakukan Israel di Gaza.

Selain itu, beberapa kota di Yaman, termasuk Taiz di barat daya negara itu, juga menyaksikan demonstrasi yang mendukung Palestina atas ajakan dari organisasi mahasiswa yang terkait dengan komponen politik di Yaman.

Maroko

Di Maroko, ribuan orang turun ke jalan di kota Meknes utara negara itu dalam sebuah mars solidaritas dengan Gaza, menyerukan penghentian genosida yang dialami penduduk wilayah itu.

Para peserta dalam unjuk rasa yang dipanggil oleh Kelompok Kerja Nasional untuk Palestina mengutuk apa yang mereka sebut sebagai kolusi negara-negara Barat dengan Israel, terus memberikan senjata, dan mendukung secara politik.

Mereka yang berpartisipasi dalam demonstrasi tersebut juga menuntut agar Israel dihentikan dari melaksanakan rencananya yang bertujuan untuk mengusir warga Palestina dari Gaza. Mereka juga memuji solidaritas mahasiswa dengan Gaza di perguruan tinggi di Barat.

Turki

Dalam konteks yang sama, mahasiswa di provinsi Afyonkarahisar di barat Turki menggelar unjuk rasa untuk mendukung Palestina dan Gaza yang telah menjadi sasaran perang Israel sejak 7 Oktober tahun lalu.

Perwakilan dari Badan Kemanusiaan Turki juga ikut serta dalam unjuk rasa mahasiswa tersebut yang mengecam perang Israel di Gaza. Para peserta juga berseru dengan yel-yel yang mendukung Palestina.

Swedia

Ribuan demonstran turun ke jalan di beberapa kota di Swedia untuk mendukung Gaza dan Palestina. Para demonstran di kota Gothenburg, Swedia, menuntut penghentian segera perang Israel di Gaza.

Cuaca hujan tidak menghalangi ribuan orang di kota Malmo, Swedia, untuk berpartisipasi dalam unjuk rasa besar-besaran sebagai solidaritas dengan Gaza dan Palestina. Mereka mengutuk partisipasi Israel dalam Kontes Lagu Eropa “Eurovision” yang akan diselenggarakan di kota Malmo, dan menuntut agar delegasi Israel dilarang berpartisipasi.

Para demonstran mengibarkan bendera Palestina dan berseru mengecam pembantaian Israel di Gaza serta menuntut penghentian perang dan kebebasan untuk Palestina.


Australia

Di Australia, ribuan demonstran menggelar unjuk rasa di ibu kota Melbourne pada hari Minggu ini untuk mendukung Palestina dan Gaza. Mereka mengutuk dukungan Barat terhadap kejahatan Israel di Gaza dan meminta pemerintah Australia untuk memboikot Israel dan menarik investasi mereka dari pendudukan.

Para peserta dalam protes tersebut meminta penghentian segera perang di Gaza dan mengecam pembantaian Israel di Gaza serta penghancuran infrastruktur di wilayah tersebut, termasuk penargetan rumah sakit dan layanan kesehatan.

Denmark dan Austria

Ratusan orang juga turun ke jalan di ibu kota Denmark, Copenhagen, menyerukan penghentian segera agresi Israel di Gaza, mereka mengibarkan bendera Palestina dan berseru menentang Israel dan mendukung Palestina.

Tidak jauh dari Denmark, kota Linz di Austria juga menyaksikan pergerakan dengan menggelar aksi mobilisasi untuk mendukung Palestina dan Gaza.

0 Komentar

Advertisement
Advertisement
Advertisement
© Copyright 2022 - TNC ONLINE